Senin, 07 Januari 2008

Rasa Iba....

kita patut bersyukur sebagai manusia yang merupakan makhluk yang dibekali dengan akal, pikiran, rasa dan karsa. kenapa? dahulu (menurut cerita) iblis diperintahkan untuk menyembah manusia (konon) tetapi tidak mau karena merasa diciptakan dari bahan yang lebih mulia. manusia bisa menjadi lebih mulia dari malaikat ataupun malah sebaliknya, lebih rendah dari iblis. itu yang menjadi nilai lebih tersendiri dari manusia. iblis atau setan tidak akan pernah jadi baik karena mereka diciptakan untuk manjadi buruk. malaikat tidak akan pernah ingkar karena diciptakan untuk tidak ingkar.tapi manusia?...

sedikit jauh dari hal diatas ketika melihat seorang anak yang meminta di persimpangan jalan. membayangkan ketika kita berada pada posisinya mungkin akan sangat sedih sekali. betapa beruntungnya kita bisa diberikan kenyamanan, kemudahan, kebahagiaan hingga sekarang daripada mereka yang berjuang untuk meminta sekedar uang untuk makan, di tengah persimpangan jalan dalam keadaan haus dan lapar. Siapa yang sebenarnya salah? hingga keadaan mereka menjadi seperti itu. Apa salah orang tua mereka? karena malas bekerja hingga anak mereka berusaha untuk mencari makan sendiri. Atau salah Pemerintah? (dalam UU disebutkan anak jalanan dipelihara oleh negara) tapi apa buktinya....tetap saja ada anak-anak yang "kurang beruntung" itu.
memang semua manusia memiliki Rasa Iba dalam diri mereka masing-masing. tapi tidak semua manusia bisa memuaskan rasa Iba tersebut. atau mungkin ada yang berusaha untuk menekannya hingga tidak ada yang tersisa (semoga tidak terjadi dalam diri kita).
ingin rasanya membantu meringankan beban mereka. tapi apa daya jika diri hanya seorang yang menggantungkan hidup kepada orang lain (baca : orang tua) bisa membantu orang yang bisa "bertahan" hidup sendiri, meski berat bebannya.
ada kalanya ketika "melihat" ke bawah, kita bisa bersyukur atas apa yang kita dapat. tapi ada kalanya juga ketika kita "melihat" ke atas kita selalu menyesal dengan diri kita. memang manusiawi sifat tersebut.alangkah baiknya jika kita selalu melihat kebawah agar kita selalu bersyukur.
semoga kita menjadi manusia yang selalu bersyukur karena itu yang akan menjadikan kita seorang manusia yang rendah hati.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Sip ndri,,
teruskan bakatmu,,
jgn lupa add blog ku ya,,