Senin, 15 November 2010

Kenangan..

Otak kita adalah anugerah terbesar yang kita miliki. Tuhan menciptakan manusia dengan milyaran bahkan triliunan syaraf yang terkumpul dalam kepala kita, yang menjadikan kita sebagai makhluk yang lebih sempurna dari makhluk yang lain. Karena otak, kita dapat merasakan sedih dan senang, membedakan mana yang baik dan yang buruk, serta menyimpan pengetahuan dan pengalaman kita yang paling berharga.

Kemampuan otak kita untuk menyimpan memori ini sangat tergantung juga pada kesan yang dibuat oleh suatu kejadian terhadap diri kita. Semakin besar pengaruh sesuatu tsb terhadap kita, akan semakin lama otak kita menyimpannya. Baik itu berupa efek yang membuat kita bahagia atau sampai membuat kita trauma. Hal ini pasti akan tersimpan dengan baik dalam otak kita. Hal itu disebut dengan Kenangan.

Setiap manusia pasti memiliki kenangan dalam hidupnya. Baik itu kenangan yang indah ataupun buruk. Kebanyakan orang akan menyimpan kenangan yg indah dalam hidupnya daripada kenangan yang buruk. Tentu saja karena kenangan buruk akan membuat diri kita menjadi sedih ketika teringat, atau takut dan trauma. Dan sebaliknya kenangan yang indah akan membuat kita teringat kebahagiaan yang telah kita lalui itu dan ingin rasanya bisa mengulang kebahagiaan itu jika mungkin. Kenangan ketika kita berada dengan orang yang kita cintai dan merasa bahagia. Meskipun telah lewat masa-masa indah itu, tapi kadang bisa membuat kita tersenyum sejenak untuk mengingatnya.

Seseorang bisa saja hanya memiliki umur yang terbatas, tapi kenangan yang dimiliki orang tersebut bisa ada terus hingga beberapa generasi dan abad, itu semua tergantung pada kenangan yang kita tinggalkan. Tidak mudah untuk memberikan kenangan baik thd diri kita kepada orang lain. Diperlukan suatu kerja keras dan keikhlasan untuk bisa mewujudkannya. Ketika kita bisa berbuat sesuatu untuk orang lain tanpa mengharapkan imbalan apapun, dan kita melakukan hal tsb karena memang ingin melihat orang lain bahagia. Hal ini lah yang akan membuat orang lain mengenang kita. Seperti yang dilakukan oleh orang-orang besar yang kita kenang hingga saat ini. Nabi Muhammdad SAW merupakan manusia paling sukses yang bisa meninggalkan kenangan tsb. Tuhan sebagai pencipta manusia mengetahui dengan pasti bagaimana cara untuk membimbing manusia untuk jadi lebih baik. Dengan menciptakan manusia yang bisa meninggalkan kenangan yang bisa diingat oleh setiap manusia. Kenangan akan kebesaran hatinya dalam menyebarkan agama, kegigihan dan keikhlasan, keberanian dan kesabaran serta kebijaksanaan. Semua nilai yang dibutuhkan untuk menuju kebaikan ada pada beliau. Karena itu kenangan akan sosok nya diingat hingga sekarang.

Di Negara kita mungkin kita akan tahu beberapa nama besar seperti Soekarno sebagai Proklamator yang berperan besar dalam kemerdekaan bangsa kita. Namanya selalu diingat banyak orang karena beliau telah berbuat sesuatu yang begitu bernilai bagi setiap orang. Berjuang untuk kemerdekaan yang menawarkan kehidupan yang lebih baik bagi semua orang di Negara Indonesia. Kehidupan yang tidak lagi dijajah dan memberi kesempatan bangsa kita untuk menjadi lebih maju seperti sekarang. Karena kenangan itu lah meski beliau sudah tiada tetapi orang masih bisa mengetahui perjuangannya.

Karena itulah dengan keterbatasan yg tuhan berikan, diri ini hanya berharap untuk bisa memberikan kenangan yang baik kepada orang lain. Alangkah bahagianya ketika diri ini sudah tiada namun orang masih mengetahui kenangan yang kita tinggalkan. Dan tentunya tidak berharap untuk meninggalkan kenangan yang buruk. Semoga di sisa umur ini bisa memberikan yang terbaik sehingga memberikan kenangan yang baik bagi orang lain.

6 komentar:

My World mengatakan...

"kenangan buruk akan membuat diri kita menjadi sedih ketika teringat, atau takut dan trauma."
sepakatttt!!!!
Trauma aku :(

Hendri Agustiawan mengatakan...

hehe...akhirnya datang juga...
oke2,,sip..

anis_r05 mengatakan...

ayoo...Lahirkan berbagai kenangan indah di sisa umur kita untuk orang laen.
hidup tidak selalu indah tetapi yang indah itu tetap hidup dalam kenangan.

Hendri Agustiawan mengatakan...

kenangan akan lebih mudah diciptakan dengan orang yg kita sayangi..:)

Dewi Aja mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload music, foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Puput mengatakan...

memikirkannya pun aku sudah sedih